30 April 2013

::- Hakikat Sombong adalah Menolak Kebenaran & Meremehkan Orang lain -::


share dari link fb ~"KATA-KATA HIKMAH"


::- Hakikat Sombong adalah Menolak Kebenaran & Meremehkan Orang lain -::

Dari Abdullah Bin Mas’ud radhiayallahu’anhu dari Nabi Shalallahu ‘alaihi wa sallam, beliau bersabda:

“Tidak akan masuk surga orang yang di dalam hatinya ada sebesar dzarrah (biji atom) dari kesombongan.” Salah seorang shahabat lantas bertanya: “Sesungguhnya seseorang senang jika bajunya bagus dan sandalnya baik.” Maka beliau bersabda: “Sesungguhnya Allah itu Maha Indah dan menyukai keindahan, Al-Kibru (sombong) adalah menolak kebenaran dan meremehkan manusia.” (HR Muslim dalam Shahih-nya, Kitabul Iman, Bab: Tahrimul Kibri wa Bayanuhu)

Hadits tentang bahaya sombong di atas telah menggetarkan seorang sahabat yang mendengarnya dan iapun bertanya kepada Rasulullah Shallallahu ’alaihi wasallam, "Seseorang itu tentu senang kalau pakaiannya bagus dan sandalnya pun baik. Apakah itu sombong?" Nabi Shallallahu ’alaihi wasallam menjawab pertanyaan tersebut dan menerangkan hakikat sombong, "Sesungguhnya Allah itu Maha Indah dan menyukai keindahan. Sombong adalah menolak kebenaran (bathru al-Haq) dan merendahkan/meremehkan orang lain (ghamtu al-Nâs).

Semoga Allah menghindarkan kita dari sifat sombong dan sifat-sifat yang tidak baik lainnya dan menjaga kita untuk selalu berada di jalan yang diridhoi-Nya. Aamiin.

Jika dinilai baik & bermanfaat, silahkan "suka, comment dan bagikan", semoga menjadi kebaikan Anda. Aamiin. 

No comments:

Post a Comment

Post a Comment