25 November 2013

MENGENAL DIET SEHAT RASULLAH

share dari link fb ~"KATA-KATA HIKMAH"

MENGENAL DIET SEHAT RASULLAH 

menurut prof. Dr. Mustofa Romadhan dalam buku panduan diet ala Rasulullah karya Indra Kesumah SKL, S.Psi. pola hidup sehat yang dilakukan rasullullah adalah:

Rasulullah melarang umatnya untuk makan berlebihan
Apabila dalam perut masih kenyang, lebih baik tidak usah makan terlebih dahulu. supaya kerja lambung tidak terlalu berat dan agar tidak menumpuk kalori yang membuat badan menjadi lemas dan malas untuk bergerak.

Olah raga secara teratur sangat dianjurkan oleh Beliau karena dapat membuang kalori berlebih sehingga berat badan tetap stabil atau tidak naik.

Rasulullah juga menganjurkan untuk tidak makan makanan darat dan laut sekaligus dalam satu kali menu makanan contohnya memakan ikan laut dengan ayam, karena bisa mendatangkan penyakit. 

Hal ini dibenarkan oleh ilmuwan yang menemukan bahwa dalam daging ayam terdapat ion+ sedangkan dalam ikan terdapat ion- . 

Jadi, jika dalam menu makanan kita ayam bercampur dengan ikan, akan terjadi reaksi biokimia yang dapat merusak usus.
cara minum :

Rasullullah menyukai minum madu yang dicampur dengan air sejuk. ternyata hal ini punya manfaat yang banyak untuk tubuh kita, diantaranya untuk mengilangkan Balqham (dahak atau lendir), mencuci perut, membuang sisa makanan yang tertinggal di dalam perut yang tidak tercerna dengan sempurna dan menolaknya ke usus besar serta memperbaiki fungsi limpa dan hati. 

Air sejuk yang biasa rasul minum adalah air minum yang telah disimpan semalaman di dalam suatu tempat (gelas).

No comments:

Post a Comment