22 March 2013

SYAHIDNYA SYAIKH RAMADHAN AL-BUTHI

SYAHIDNYA SYAIKH RAMADHAN AL-BUTHI

Terjemahan kenyataan Penuh oleh Fadhilatus Syaikh Abul Huda Al-Yaaqubi di atas Syahidnya Fadhilatus Syaikh Ramadhan Al-Buti (Di Petik dari FB Syaikh Abul Huda) :

Aku mengucapkan takziah ke atas diriku dan seluruh alam Islami di atas Syahidnya Al-Allamah Al-Jalil As-Syaikh Muhammad Said Ramadhan Al-Buti.

Allah Subhanahu Wa Taala telah mengurniakan pengakhiran hayatnya dengan kebaikan dan mengurniakan beliau kemulian Syahid.

Sesungguhnya pemergian beliau Rahimahullah adalah satu kehilangan besar buat Umat Islam seluruhnya. Beliau merupakan seorang Mujaddid dalam Pemikiran dan Aqidah.

Beliau adalah seorang Alim Rabbani yang berjuang membela Islam dan Ahlus Sunnah Wal Jamaah berdekad lamanya di Mimbar Dimasyq dan Kuliah Syariah.

Dalam berita yang disiarkan di televisyen Syria, beliau telah meninggal dunia akibat dibom oleh pengebom berani mati.

Aku menghalakan tanggungjawab Syahidnya beliau terhadap kerajaan aku mempunyai maklumat yang sangat panas dan teliti yang sangat dekat dengan Fadhilatus Syaikh bahawasanya As-Syaikh Al-Buti sedang berusaha untuk keluar dari Syria akan tetapi kerajaan telah mengenakan sekatan keselamatan yang sangat ketat ke atas beliau.

Fadhilatus Syaikh Al-Buti di dalam majlis-majlis khas beliau sentiasa mencela ‘An-Nasiriyin’ dan sentiasa mendoakan kehancuran buat mereka.

Aku mengutuk sekeras-kerasnya tindakan pengeboman ini,samada ianya dilakukan oleh pihak kerajaan ataupun Jamaah Takfiryah sebagaimana didakwa oleh pihak kerajaan – kerana Jamaah Takfiriyah ini sememang asal mereka memerangi Ahlus Sunnah.

Kita semua mendoakan rahmat Allah ke atas pemergian Fadhilatus Syaikh Al-Buti dan semua pihak yang turut syahid bersamanya.

Kita mendoakan agar Allah menempatkan beliau dan mangsa agar ditempatkan di kedudukan Para Syuhada’.
Aku akan sentiasa menyebut tentang Fadhilatus Syaikh Al-Buti yang telah Syahid dengan segala kebaikan,pujian dan penghormatan.
Beliau akan kekal sebagai seorang Tokoh yang Alim dari kalangan Ulamak Ummah Islamiah.

Aku walaupun berselisih pandangan dengan Beliau dalam persoalan “Khuruj ‘alal Imam” dan “Menyokong pemerintah”,dan walaupun aku sentiasa menyanggah pandangan beliau berkali-kali,tidaklah aku membawa dalam jiwaku melainkan Cinta dan Penghormatan terhadap beliau.

Semoga Allah merahmati beliau dengan Rahmat yang seluas-luasnya,dan memberikan buat Para Musliman sebaik-baik gantian ke atas pemergian beliau,dan semoga Allah mengurniakan kesabaran dan ketenangan buat anak-anak dan ahli keluarga beliau.


INNALILLAHI WA INNA ILAIHI ROJI`UN......
Telah berpulang ke Rahmatullah ulama dunia AL'ALIM AL `ALLAMAH ASY SYAIKH SAID RAMADLAN AL BUTHI rahimahullahuta`ala tepat saat beliau mengisi Ta`lim di Masjid Al Iman di Kota Damaskus, Suriah, ba`da maghrib Kamis, 21 Maret 2013.

Beliau wafat karena serangan bom bunuh diri yg diduga dilakukan oleh kelompok teroris Salafi di Suriah. Informasi awal menyebutkan bahwa 23 murid Syeikh Al Buty yang juga sedang menghadiri mejelis itu terbunuh dan 40 lainnya menderita luka-luka. SUNGGUH BELIAU ADALAH ULAMA YANG SHOLEH DIMASA KINI MIN AHLISSUNNAH WAL JAMAAH. Semoga Allah meridhoinya dan beliau ditempatkan di Surga Nya bersama Rosul Shollallohu alaihi wasallam.....

share dari link fb ~Haniff Abu Talib
beberapa karya agung IMAM MUHAMMAD SAEED RAMADHAN AL BOUTI RAHIMAHULLAH :
1. Muhadhorot Fil Fiqhil Muqharin Ma’a Muqaddimati Fi Bayani Asbabi Ikhtilafi al-Fuqaha’ Wa Ahammiyyati Dirasatil Fiqhil Muqarin (Problematika Dalam Fiqh Muqarin, Sebab Terjadinya Perbedaan Fuqaha’, Dan Pentingnya Mempelajari Fiqh Muqarin) محاضرات في الفقه المقارن مع مقدمه في بيان اسباب اختلاف الفقهاء و اهميه دراسه الفقه المقارن

2. Al-Islam Maladz Kulli Mujtama’at Insaniyyah; Limadza Wa Kaifa? (Islam Tempat Berlindung Seluruh Masyarakat Sosial; Mengapa dan Bagaimana?) محاضرات في الفقه المقارن مع مقدمه في بيان اسباب اختلاف الفقهاء و اهميه دراسه الفقه المقارن

3. Al Jihad Fil Islam; Kaifa Nafhamuhu ? Wa Kaifa Numarisuhu? (Jihad dalam Islam; Bagaimana Kita Memahami dan Melaksanakannya? الاسلام ملاذ كل المجتمعات الانسانيه:لماذا..و كيف Salafiyyah; Marhalah Zamaniyyah Mubarakah La Madzhab Islami السلفيه:مرحله زمنيه مباركه لا مذهب اسلامي

4. Al ‘Uqhubat Islamiyyah; Wa ‘Aqduhu al-Tanaqhudhu Bainaha Wa Baina Ma Yusamma Bithobi’ihal ‘Ashri العقوبات الاسلاميه:و عقده التناقض بينها و بين ما يسمي بطبيعه العصر

5. Hurriyatul Insan Fi Dhilli ‘Ubudiyyahatihi Lillah (Kebebasan Manusia Dalam Beribadah) حريه الانسان في ظل عبوديته لله

6. Difa’ ‘An Islam Wa Tarikh (Belaan Terhadap Islam dan sejarah) دفاع عن الاسلام و
التاريخ. Al Islam Wa ‘Asru; Tahaddiyat Wa ‘Afaq (Islam dan Modernisme; Sebuah Tantangan dan Harapan) الاسلام و العصر:تحديات و افاق

7. Al Aqidah Al Islamiyyah wa Al Fikr al Mu’asirah

8. Al La Madzhabiyyah Akhtaru Bid’atin Tuhaddidu as Syari’ah Al Islamiyyah

9. Al Mazdhab al Iqtishady Baina Syuyu’iyyah Wal Islam
10. Dhawabitu Al Maslahat Fi As Syariah al Islamiyyah
11. Fi Sabilillahi Wa Al Haq
12. Fiqhus Sirah
13. Hiwar Haula Musykilati Hadhariyyah
14. Kubra Yaqiniyyati al Kauniyyah
15. Mbahitsul Kitab Wa As Sunnah min ‘Ilmi Ushulil Fiqhi
16. Mamuzain, Qishatu Hubbub Nabati Fi Al Ardhi wa Aina’u fi As Sama’, Mutarjamah
17. Manhaj Al Hadharah al Insaniyyah Al Jadaliyyah
18. Manhaj Al ‘Audah Ilal Islam
19. Masalatu Tahdidi an Nashli Wiqayatn wa ‘Ilajan
20. Min Al fikri wa Al Qalbi
21. Min Rawaiyl Qur’an
22. Naqdul Auhami Al Maddiyah Al Jadaliyah
23. Tajribatut Tarbiyah Al Islamiyyah Fi Mizan Al Bahts
24. Al insan Wa Adatullahi Fi Al Ardli
25. Al islamu Wa Muskilatus sabab
26. Bathinul Ismi al Khatar Fi Hayatl Muslimin
27. Hakadza Fal Nad’u al Islam
28. Ila Kulli fatatin Tu’minu Billah
29. Man Huwa Sayyidu al Qadri fi Hayatil Insan
30. Minal Mas’ul ‘An Takhallufi Al Muslimin
31. Min Asrari Alk Manhaj Al Islami

share dari link fb ~Kumpulan Foto Ulama dan Habaib

INNALILLAHI WA INNA ILAIHI RAJI'UN

Kabar duka telah meninggalnya seorang ulama besar dunia, guru kita semua, pemikir dari Damaskus Dr. Muhammad Said Ramadhan al-Bouthiy (Penulis Kitab Fiqh as-Sirah) yang menjadi korban ledakan bom bunuh diri pada tanggal 21 Maret 2013 saat Maghrib waktu setempat. Terlepas dari sikap beliau terhadap keadaan politik Syria akhir-akir ini.

Semoga beliau senantiasa mendapat aliran pahala atas setiap jasa baik beliau selama hidupnya dan Allah mengampuni dosa-dosa beliau. Aamiin yaa Mujiibassaailiin.

Lahu al-Faatihah...

(Foto beliau adalah yang sedang menjadi imam sholat)


SEKILAS TENTANG ASY-SYAHID ASY-SYEIKH DR. RAMADHAN AL-BOUTHIY (1929-2013)



Muhammad Said Ramadhan al-Bouthiy, seorang ulama yang mutakhashish dalam ilmu Islam. Beliau sangat dihormati oleh banyak ulama terkemuka di dunia Islam. Bahkan pengaruhnya telah tumbuh secara signifikan di dunia Islam, terutama dengan kaum muda Muslim.

Beliau menimba ilmu pendidikan di madrasah Damaskus, kemudian ke Mesir untuk belajar di Universitas al-Azhar asy-Syarief dan mendapatkan gelar doktor Fakultas Syari’ah. Beliau telah menulis lebih dari 60 buku tentang isu-isu Islam dan menjadi uswah dalam menjaga Madzhab Arba’ah (madzhab yang empat) dan aqidah Ahlussunnah dalam manhaj Asya’irah.

Beliau berasal dari Kurdi, lahir pada tahun 1929 di Botan, Turki. Kemudian hijrah bersama ayahnya, Mulla Ramadhan al-Bouthiy ke Damaskus pada tahun 1933, pada saat itu beliau masih berumur 4 tahun.

Syeikh al-Bouthiy merupakan ulama Sunni yang ahli dalam bidang akidah dan falsafah madiyah. Beliau telah menulis sebuah buku kritik materialisme dialektis, tetapi dalam pandangan fiqih yang dijadikan benteng untuk madzhab fiqih Islam dan akidah Sunni Asy’ariyah dari pandangan salafi.

Beliau menulis sebuah buku yang berjudul, “اللامذهبية أكبر بدعة تهدد الشريعة الإسلامية” artinya: Tidak bermadzhab adalah sebesar-besar bid’ah yang mengancam syari’ah islamiyah dan buku yang lain berjudul “السلفية مرحلة زمنية مباركة وليست مذهب إسلامي”

Dalam salah satu bukunya yang paling populer “الجهاد في الإسلام” artinya: Jihad dalam Islam (tahun 1993): al-Bouthiy menunjukkan bagaimana pemahaman yang buruk tentang istilah jihad telah menyebabkan pelecehan terhadap Muslim maupun non-Muslim. Mereka telah memanipulasi ide jihad untuk keuntungan mereka sendiri, dengan kedok bahwa jihad harus dilakukan sesuai dengan dasar fiqh Islam.

Beliau adalah seorang ulama yang tidak berpolitik. Terlihat beliau sangat menjauhi hal ini, serta menyarankan pada ulama yang lain untuk meninggalkan perpolitikan.

Shiekh al-Bouthiy telah memberikan dampak besar pada dunia Muslim, khususnya melalui karya ilmiahnya. Beliau menulis untuk berbagai jurnal. Dia juga telah mengembangkan reputasi karena kemampuannya menangani dan menanggapi pertanyaan isu-isu yang berkenaan dengan hukum Islam.

Beliau menyelesaikan dirasah Tsanawiyah asy-Syar’iyah di Ma’had at-Tawajjuh al-Islamiyyah di Suriah. Pada tahun 1953 beliau mengambil Fakultas Syariah di Universitas al-Azhar dan memperoleh syahadah ‘alamiyah pada tahun 1955.

Pada tahun berikutnya beliau masuk Fakultas Bahasa Arab Universitas al-Azhar, dan memperoleh Diploma Pendidikan di akhir tahun itu.

Beliau diangkat dosen di Fakultas Syariah Universitas Damaskus pada tahun 1960. Beliau dikirim ke Fakultas al-Azhar untuk menyelesaikan program doktoral dalam ushul syari’ah islamiyah dan memperoleh syahadah pada tahun 1965.

Beliau diangkat sebagai dosen Fakultas Syariah di Universitas Damaskus pada tahun 1965 dan juga sebagai wakil dekan. Selang beberapa waktu beliau kemudian diangkat menjadi dekan Fakultas Syari’ah.

Beliau masih aktif dalam berbagai muktamar dan seminar internasional. Beliau merupakan anggota Majma’ al-Maliky untuk Penelitian Peradaban Islam di Amman. Beliau juga anggota Dewan Tertinggi dari Akademi Oxford.

Beliau adalah Dewan Penasehat tinggi Anggota untuk Yayasan Tabah di Abu Dhabi. Beliau mampu berbicara dalam bahasa Turki dan Kurdi, dan lancar dalam berbahasa Inggris

Diantara karya tulis beliau adalah sebagai berikut:

المرأة بين طغيان النظام الغربيّ ولطائف التشريع الربانيّ، وله ترجمة باللغة الإنجليزية
الإسلام والعصر.
ضوابط المصلحة في الشريعة الإسلاميّة - وهو الأطروحة التي نال بها البوطي درجة الأستاذيّة "الدكتوراه" من كلية الشريعة والقانون في جامعة الأزهر (من مقدمة الطبعة الثالثة للكتاب عينه).
أوربة من التقنية إلى الروحانية ـ مشكلة الجسر المقطوع.
برنامج: دراسات قرآنية.
شخصيات استوقفتني.
شرح وتحليل الحكم العطائية (لابن عطاء الله السكندري).
كبرى اليقينيات الكونية.
السلفية مرحلة زمنية مباركة وليست مذهب إسلامي.
اللامذهبية أخطر بدعة تهدد الشريعة الإسلامية.
هذه مشكلاتهم.
وهذه مشكلاتنا.
كلمات في مناسبات.
مشورات اجتماعية من حصاد الإنترنت.
مع الناس مشورات وفتاوى.
منهج الحضارة الإنسانية في القرآن.
هذا ما قلته أمام بعض الرؤساء والملوك.
يغالطونك إذ يقولون.
من الفكر والقلب.
ترجمة رواية مموزين.
لا يأتيه الباطل، وهو كشف لأباطيل يختلقها ويلصقها بعضهم بكتاب الله عزّ وجلّ
فقه السيرة النبوية
الحب في القرآن ودور الحب في حياة الإنسان
الإسلام ملاذ كل المجتمعات الإنسانية، لماذا؟ وكيف؟
الظلاميون والنورانيون
هذا والدي

Bagi Anda yang ingin mengunjungi website beliau, silahkan buka www.bouti.net 

إنا لله وإنا إليه راجعون

Innalillah wa inna ilaihi rajiun.. sebaknya jiwa..
Takziah kepada diri dan umat Islam semua atas pemergian Syeikh Muhammad Saied Ramadhan Al-Bouty yang terbunuh syahid hari ini ( malam jumaat ) dalam sebuah letupan berani mati di Masjid Al-Imaan ketika sedang menyampaikan kuliah mingguannya di situ. Berita Television Syria melaporkan sedemikian.
Kata Al-Habib Ali-Al-Jufri "Aku telah menelefonnya dua minggu lepas dan beliau (Dr Ramadhan Al-Buti) berkata pada akhir kalamnya "

"Tidak tinggal lagi umur bagi aku melainkan beberapa hari yang boleh dikira. Sesungguhnya aku sedang mencium bau syurga dari belakangnya. Jangan lupa wahai saudaraku untuk mendoakan aku"

Pada beberapa hari sebelum kewafatannya, beliau berkata "Setiap apa yang berlaku padaku atau yang menuduhku daripada ijtihadku, maka aku harap ia tidak terlepas dari ganjaran ijtihad"

(yang betul mendapat dua ganjaran dan yang tidak mendapat satu ganjaran)

Sesungguhnya pemergian beliau Rahimahullah adalah satu kehilangan besar buat Umat Islam seluruhnya.

Al-Fatihah buat Dr. Muhammad Said Ramadhan al-Buthi.

Semoga Allah s.w.t mengampuni dosanya, menerima segala amalannya, merahmatinya serta menempatkannya bersama-sama dengan para syuhada' dan para salihin. Amin
رحم الله إمامنا وشيخنا الجليل الأستاذ العلامة محمد سعيد البوطي غفر له وأكرمه ونفعنا به وبعلومه في الدارين.
إنا لله وإنا إليه راجعون
Innalillah wa inna ilaihi rajiun.. sebaknya jiwa..

Takziah kepada diri dan umat Islam semua atas pemergian Syeikh Muhammad Saied Ramadhan Al-Bouty yang terbunuh syahid hari ini ( malam jumaat ) dalam sebuah letupan berani mati di Masjid Al-Imaan ketika sedang menyampaikan kuliah mingguannya di situ. Berita Television Syria melaporkan sedemikian.

Kata Al-Habib Ali-Al-Jufri "Aku telah menelefonnya dua minggu lepas dan beliau (Dr Ramadhan Al-Buti) berkata pada akhir kalamnya "

"Tidak tinggal lagi umur bagi aku melainkan beberapa hari yang boleh dikira. Sesungguhnya aku sedang mencium bau syurga dari belakangnya. Jangan lupa wahai saudaraku untuk mendoakan aku"

Pada beberapa hari sebelum kewafatannya, beliau berkata "Setiap apa yang berlaku padaku atau yang menuduhku daripada ijtihadku, maka aku harap ia tidak terlepas dari ganjaran ijtihad"

(yang betul mendapat dua ganjaran dan yang tidak mendapat satu ganjaran)

Sesungguhnya pemergian beliau Rahimahullah adalah satu kehilangan besar buat Umat Islam seluruhnya.

Al-Fatihah buat Dr. Muhammad Said Ramadhan al-Buthi.

Semoga Allah s.w.t mengampuni dosanya, menerima segala amalannya, merahmatinya serta menempatkannya bersama-sama dengan para syuhada' dan para salihin. Amin

رحم الله إمامنا وشيخنا الجليل الأستاذ العلامة محمد سعيد البوطي غفر له وأكرمه ونفعنا به
وبعلومه في الدارين.

No comments:

Post a Comment