26 October 2012

PERSAHABATAN SEJATI


share dari link sahabat fb - Muslimah Solehah

PERSAHABATAN SEJATI

Persahabatan sejati adalah persahabatan yang dilandasi ketakwaan kepada Allah, saling mengingatkan untuk keselamatan di dunia dan akhirat. Bukan persahabatan semu yang dilandasi hawa nafsu demi meraih kesenangan sesaat.

Terkadang ada yang berkata:

"Sahabat sejati adalah tertawa bersama dalam kegembiraan dan ikut menangis dalam kesusahan."

Sesungguhnya yang demikian belum dapat dikatakan sebagai sahabat sejati apabila tidak dilandasi dengan ketakwaan kepada Allah. Sebab ORANG-ORANG KAFIR dan ORANG-ORANG MUNAFIK pun bisa seperti itu. Dan itulah yang disebut sebagai persahabatan semu, bersifat sementara dan TIDAK KEKAL.

Firman Allah Ta'ala:

الأخِلاءُ يَوْمَئِذٍ بَعْضُهُمْ لِبَعْضٍ عَدُوٌّ إِلا الْمُتَّقِينَ

"Teman-teman akrab pada hari itu sebagiannya menjadi musuh bagi sebagian yang lain kecuali orang-orang yang bertakwa." (Az-Zukhruf: 67)

Di antara hak-hak seorang sahabat adalah, engkau harus mengajari (ilmu) dan menasihati sahabatmu. Kebutuhan sahabat terhadap ilmu tidak kalah penting dari kebutuhannya terhadap harta. Jika engkau memiliki ilmu, maka ajarilah sahabatmu dan bimbinglah dia.

Adapun nasihat, harus engkau sampaikan secara sembunyi-sembunyi (halus). Perbedaan antara MENGHINAKAN dan MEMBERI NASIHAT terletak pada cara penyampaiannya, secara SEMBUNYI-SEMBUNYI ataukah TERANG-TERANGAN.

Di antara hak-hak seorang sahabat adalah, jika ada seseorang yang hendak menjelek-jelekkannya di belakang punggungnya, maka engkau harus menetralisir. Sebab termasuk hak persahabatan adalah MEMBERI PERLINDUNGAN dan PERTOLONGAN (termasuk dalam hal kehormatan).

Rasulullah shallallahu 'alaihi wa sallam bersabda:

"Orang muslim itu adalah saudara muslim lainnya, dia tidak menzhaliminya dan TIDAK MENELANTARKANNYA." (HR. Bukhari dan Muslim)

Siapa yang tidak tergerak untuk melindungi kehormatan saudaranya, berarti DIA TELAH MENELANTARKANNYA.

(Dikutip dari kitab Mukhtashar Minhajul Qashidin, Ibnu Qudamah, dengan beberapa penyesuaian)

Semoga Allah Ta'ala satukan hati kita semua di atas persahabatan dan persaudaraan yang dilandasi dengan ketakwaan, amin.

No comments:

Post a Comment