01 September 2014

MUSIBAH YANG MEMBAWA MANUSIA SEMAKIN BERTAQWA

share dari link fb ~Bicara Hidayah

MUSIBAH YANG MEMBAWA MANUSIA SEMAKIN BERTAQWA

Segala puji hanya bagi Allah, shalawat dan salam semoga senantiasa tercurah kepada Rasulullah Muhammad salallahu ‘alaihi wasallam, keluarga, sahabat dan seluruh pengikut jalan petunjuk beliau. Salam untuk seluruh Nabi dan Rasul-Rasul-Nya.

“Dan sungguh akan Kami berikan cobaan kepadamu, dengan sedikit ketakutan, kelaparan, kekurangan harta, jiwa dan buah-buahan. Dan berikanlah berita gembira kepada orang-orang yang sabar, (yaitu) orang-orang yang apabila ditimpa musibah, mereka mengucapkan: "Innaa lillahi wa innaa ilaihi raaji’uun”. Mereka itulah yang mendapatkan keberkatan yang sempurna dan rahmat dari Tuhannya, dan mereka itulah orang-orang yang mendapat petunjuk." (Al Baqarah: 155 - 157)

Bila manusia mau bertekun belajar Al-Qur’an dan As-Sunnah dan mengahayati serta berusaha mengamalkan, maka cara menjalani hidup yang benar adalah hidup untuk menemukan Pencipta semesta Alam, yaitu Allah subhanahu wa ta’ala, dan setiap nikmat dan karunia ataupun setiap kegelisahan dan kesusahan, segalanya harus di keluhkan kepada Allah subhanahu wa ta’ala.

Dan sudah semestinya orang yang ingin mengeluh kepada Allah adalah orang-orang yang beriman kepada Allah, dan orang yang mengikuti jalan-jalan petunjuk Allah sebagaimana yang dicontohkan Rasulullah Muhammad salallahu ‘alaihi wasallam, dan ternyata Allah itu Tuhan Yang Maha Mendengar segala keluhan hamba-Nya dan siap untuk mengeluarkan seluruh hamba-Nya yang mengeluh dari segala kesusahan dan kegelisahan kepada keberkahan, keamanan, ketentraman dan kebahagiaan.

Ternyata orang-orang yang beriman dan bertaqwa setiap derita dan kesusahan semua dalam tanggungan Allah subhanahu wa ta’ala, Dan Allah subhanahu wa ta’ala mampu memberikan nikmat-nikmat lahir dan nikmat batin dibalik segala hal yang menyebabkan kegelisahan, kegundahan dan kesedihan jiwa terhadap orang-orang beriman. Dan bahkan Allah menyiapkan pahala yang sangat luar biasa besarnya bagi mereka yang berserah diri kepada Allah subhanahu wa ta’ala.

Bahkan dalam musibah yang paling besarpun Allah tetap saja mengirimkan malaikat-malaikat-Nya untuk memberikan rasa tenang, tenteram dan bahagia kepada hamba-hambanya yang sedang tertimpa musibah. Sebagaimana firman-Nya:

“Sesungguhnya orang-orang yang mengatakan:”Tuhan kami ialah Allah” kemudian mereka meneguhkan pendirian mereka, maka malaikat akan turun kepada mereka (dengan mengatakan): ”Janganlah kamu merasa takut dan janganlah kamu merasa sedih; dan bergembiralah kamu dengan (memperoleh) surga yang telah dijanjikan Allah kepadamu”. Kamilah pelindung-pelindungmu dalam kehidupan dunia dan di akhirat; di dalamnya kamu memperoleh apa yang kamu inginkan dan memperoleh (pula) di dalamnya apa yang kamu minta.“ (Fussilat: 30 -31)


Bahkan dibalik musibah yang paling extrim-pun Allah subhanahu wa ta’ala memberikan jaminan kebahagian yang penuh dan pasti diberikan kepada hamba-hamba-Nya yang selalu berbakti kepada-Nya sebagaimana firman-Nya:

“Dan janganlah kamu mengatakan terhadap orang-orang yang gugur di jalan Allah, (bahwa mereka itu) mati; bahkan (sebenarnya) mereka itu hidup, tetapi kamu tidak menyadarinya." (Al Baqarah: 154)

Demikian nyata keimanan dihati seorang mukmin, keyakinan yang mendarah daging dalam diri seorang beriman tidak lain karena Allah subhanahu wa ta’ala terus menerus mengirimkan malaikat-malaikat kedalam hati orang-orang yang rajin beribadah kepadanya, untuk membisikkan kebahagiaan dan jalan keluar dari segala penderitaan dan kesusahan.

Dan bahkan ketika ruh orang beriman berpisah dengan raganya Allah memberikan kenikmatan yang melimpah-limpah. Ampunan, Rahmat, Perlindungan dan segala kenikmatan-kenikmatan yang membahagiakan.

Semoga dengan terjadinya musibah musibah disekitar kita, kita diberi oleh Allah peningkatan kesadaran kepastian untuk kembali hidup PASTI di jalan iman dan amal soleh. Wallahu a’lam.

_____

Shared By Bicara Hidayah

Kredit: mta.or.id dengan suntingan

Blog saya satu lagi yg boleh dilawati: http//jasminshahab205.blogspot.com

No comments:

Post a Comment